MACAM-MACAM ALAT OUTPUT DALAM KOMPUTER

Ditulis oleh: -


Monitor

Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Ada banyak cara untuk menggolongkan monitor. Tetapi cara yang paling sering digunakan adalah dengan melihat kemampuan dari warna yang dihasilkan monitor tersebut. Minitor dapat di bagi menjadi 3 kelas, diantaranya : dan perkembangan monitor adalah sebagai berikut : sedangkan beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas dari sebuah monitor yaitu :
Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat). Untuk saat ini monitor komputer terdiri dari beberapa jenis, di antaranya: contoh monitor yang trend pada saat ini adalah Monitor LCD TV 21 Advance V2120 dan BEN’Q .
Speaker
Pengeras suara atau speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke suara dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput. Dalam setiap sistem penghasil suara, penentuan kualitas suara terbaik tergantung dari speaker. Sistem pada speaker adalah suatu komponen yang membawa sinyal elektronik, menyimpannya dalam CDs, tapes, dan DVDs, lalu mengembalikannya lagi ke dalam bentuk suara aktual yang dapat didengar. Pada dasarnya, speaker merupakan mesin penterjemah akhir, kebalikan dari mikrofon. Speaker membawa sinyal elektrik dan mengubahnya kembali menjadi getaran untuk membuat gelombang suara. Speaker menghasilkan getaran yang hampir sama dengan yang dihasilkan oleh mikrofon yang direkam dan dikodekan pada tape, CD, LP, dan lain-lain. Speaker tradisional melakukan proses ini dengan menggunakan satu drivers atau lebih.
System dua jalur pada speaker
System tiga jalur pada speaker
Daftar merek Loudspeaker yang umumnya dikenal di Indonesia, antara lain :
BMB
Altec Lansing
Pioneer
Creative
Visioneer
Sonic Gear
Marantz
Logitech
Kenwood
Genius
Delta
JBL
Simbadda
Printer
Printer adalah salah satu Hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut DPI (dot per inch). Saat ini terdapat tiga jenis printer yaitu : Printer dot-metrix, Printer dot-metrix Epson , dan Printer dot-metrix Lexmark.
Printer Terbaru
Plotter
Plotter digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.
Plotter merupakan piranti keluaran yang dapat menghasilkan grafik atau gambar dengan kualitas tinggi dan berwarna. Plotter seringkali digunakan untuk membuat peta, gambar-gambar arsitektur, ataupun ilustrasi tiga dimensi yang biasanya berukuran terlalu besar bagi printer.

Berdasarkan prinsip kerjanya, jenis plotter dapat berupa:
Plotter pena,
Plotter elektrostatis, dan
Plotter thermal.
Dalam perkembangannya ada jenis plotter lain yang akan dibahas, yaitu
Plotter pemotong, dan
Plotter format lebar.
Plotter Pena
Pada prinsipnya plotter pena memiliki satu pena atau sejumlah pena berwarna-warni untuk menggambar pada kertas atau plastik transparan. Plotter pena tidak membuat keluaran berbentuk pola titik-titik., tetapi keluaran dalam bentuk garis kontinyu.
Plotter Elektrostatis
Pada plotter elektrostatis ini kertas diletakkan pada tempat datar seperti meja, kemudian dibuat dengan prinsip kerja seperti pada mensin foto kopi, yaitu dengan memberi tegangan listrik pada kertas. Tegangan listrik tersebut yang akan menarik tinta untuk melekat pada kertas. Tinta kemudian dicairkan dengan pemanasan. Kualitas jenis plotter ini tidak sebagus plotter pena, tetapi kecepatannya lebih tinggi.
Plotter Thermal
Plotter thermal menggunakan pin yang dipanasi secara elektronis. Kemudian pin tersebut dilewatkan pada jenis media yang peka terhadap panas, sehingga terbentuk gambar. Plotter thermal dapat digunakan untuk mencetak pada kertas maupun pada film buram.
Plotter Pemotong
Plotter jenis ini dapat sekaligus memotonh bahan vinyl, karet, gabus, kulit, dan lain-lain. Contoh pemanfaatannya yaitu pada industri sepatu atau industri pakaian, untuk memotong pola atau bahan sekaligus.
Plotter Format Lebar
Plotter format lebar biasa digunakan oleh perusahaan grafis, karena plotter jenis ini dapat membuat cetakan berwarna dalam kertas yang sangat lebar. Teknologi yang digunakan ada yang menyerupai printer ink-jet ataupun plotter thermal.
Proyektor

Proyektor adalah sebuah oleh untuk menampilkan gambar di sebuah layar proyeksi atau permukaan serupa.
Proyektor elektronik: Proyektor digital, Proyektor LCD, Proyektor CRT, Proyektor DLP, Proyektor LCOS
Proyektor transparansi: Proyektor film, Proyektor slide, Proyektor overhead, Magic Lantern, Enlarger
Lainnya proyektor Handheld projector(akan digunakan dengan PDA dan kamera digital) dan Proyektor Opaque (proyektor reflektif)

Macam-Macam Monitor
Kata monitor adalah istilah Latin untuk pengingat atau penyaran. Penggunaan kata ini yang banyak ditulis di bawah.
* Tampilan komputer
* Perangkat yang mengukur kejadian listrik seperti pulsa atau tingkatan voltase dalam sebuah komputer digital.
* monitor medis
* pengeras suara yang digunakan di atas panggung atau di studio untuk membuat musisi dapat mendengar apa yang sedang direkam atau disebarluaskan.
* monitor video, sebuah alat seperti televisi yang digunakan dalam studio, lab atau lingkungan tes.

Terdapat tiga jenis monitor yang sering kita jumpai saat ini. Yaitu Monitor CRT, Monitor LCD dan Monitor Plasma Gas. Berikut penjelasan dari masing-masing jenis monitor tersebut:

Prinsip Kerja Monitor CRT
Cathode Ray Tube (CRT)
Monitor Cathode Ray Tube (CRT) memiliki layar yang terbuat dari tabung hampa, sama seperti pesawat televisi. Hal ini membuat monitor CRT memiliki ukuran relatif besar dibandingkan monitor LCD.
Liquid Crystal Display
Layar Liquid Crystal Display (LCD) memanfaatkan dua keping bahan yang terpolarisasi, dengan ditambah cairan kristal dianrata keping tersebut. Sinyal listrik yang dilewatkan melalui cairan kristal tersebut akan membuat kristal yang ada di dalamnya mencegat cahaya yang lewat. Oleh karena itu tampilan LCD jenis monochrome biasanya berupa citra berwarna biru atau gelap, dengan latar belakang abu-abu muda.

Monitor LCD
LCD berwarna menggunakan dua jenis teknik untuk menghasilkan warna yaitu passive matrix dan active matrix.
Passive matrix
Pada LCD jenis ini terdapat sederetan transistor di atas (sumbu x) dan di samping kiri (sumbu y). transistor-transistor ini memberikan energi pada piksel. Piksel merupakan pertemuan dari pancaran transistor sumbu x dan sumbu y. Oleh karena hal tersebut teknologi ini biasa juga disebut Dual Scan Monitor. Kelemahan dari teknologi ini, monitor harus dilihat tegak lurus. Jika dipandang dari sudut agak kesamping, maka citra pada monitor akan kelihatan agak gelap. Kelemahan lain, jika ada transistor yang rusak atau mati, maka akan terlihat adanya garis hitam melintang atau tegak lurus pada layar monitor.
Active matrix
Pada LCD jenis ini transistor yang memancarkan cahaya sendiri berada pada setiap piksel pada layar monitor sehingga warnanya lebih cerah dan tidak harus dilihat dengan sudut tegak lurus. Akan tetapi dengan banyaknya transistor yang digunakan mengakibatkan pemakaian daya jenis monitor ini juga menjadi semakin besar.

Monitor Plasma
Monitor plasma menggunakan gas untuk mengeluarkan cahaya. Teknologi pada monitor ini kini diterapkan pada televisi layar datar lebar.
Monitor CRT ( Cathode Ray Tube )

Pada monitor jenis CRT, layar penampilan menggunakan tabung katoda. Cara kerja dari teknologi ini untuk memunculkan tampilan pada monitor adalah dengan cara memancarkan sinar elektron ke suatu titik di layar. Sinar tersebut akan diperkuat untuk menampilkan sisi terang dan diperlemah untuk sisi gelap

Teknologi CRT merupakan teknologi termurah dibanding dua jenis monitor lain, yaitu LCD dan Plasma Gas. Walaupun begitu, resolusi yang dihasilkan sudah cukup baik untuk berbagai keperluan. Adapun kekurangan dari teknologi CRT adalah diperlukanya teknologi listrik yang cukup besar dan memiliki radiasi elektromagnetik yangt cukup kuat.

Spoiler for tips merawat:
Monitor adalah salah satu alat atau komponen yang sangat bermanfaat didalam dunia komputer karena monitor merupakan video display unit (VDU)yang berfungsi untuk menampilkan setiap informasi yang dihasilkan oleh central processing unit (CPU).
Untuk itu keberadaan monitor sangat menentukan komputer tersebut layak digunakan atau tidak, seandainya monitor tidak bis amenampilkan informasi meskipun cpu bekerja dengan baik namun sudah pasti bahwa tidak akan berarti apa-apa tanpa monitor.

Karena begitu pentingnya monitor maka artikel ini sedikit memberikan tips yang bisa dapat dilakukan oleh siapa saja yang menggunakan komputer sebagai pengolah data.

Menitor sama saja dengan peralatan elektronik lainnya yang memiliki rangkaian elektronik yang terdiri dari kondensator, transistor, resistor, integrated circuit (IC) dan komponen lainnya. Komponen-komponen ini bisa bekerja apabila ada sebuah tegangan yang diperoleh dari tegangan listrik. Tegangan listrik pun harus stabil, agar proses kerja monitor menjadi stabil pula, maka perlu diperhatikan tips khusus agar menjaga monitor lebih awet dan tahan lama.

Tips pertama, Tidak dibenarkan menutup dengan kain, plastik pada ventilasi udara monitor ini dikarenakan monitor merupakan alat elektronik yang juga menghasilkan panas, jadi panas yang dihasil akibat proses kerja sebuah monitor harus dibuang atau dikeluarkan melalui lobang ventilasi udara, sehingga ventilasi udara ini tidak boleh ditutup selama kita menggunakan monitor tersebut.
Bila ingin menutup monitor agar terhindar dari debu sebaiknya dilakukan setelah pekerjaan selesai dan monitor sedang tidak digunakan (mati).

Tips yang kedua, hindari meletakkan benda cair di atas monitor karena benda cair merupakan penghantar listrik yang baik sehingga apabila benda cair tersebut tumpah ke dalam monitor menyebabkan adanya hubungan pendek yang berakibat pada rusaknya komponen elektornik di dalam monitor.

Tips ketiga, Bersihkan selalu debu-debu yang melekat pada bagian luar monitor sesering mungkin agar mengurangi masuknya debu ke dalam monitor. Debu juga memiliki sat besi yang juga penghantar jadi debu juga bisa menyebabkan hubungan pendek pada rangkain elektronik monitor.

Tips keempat, gunakan stabiliser (stavolt) yang baik dan memiliki penggerak motor untuk menghindari naik turunnya tegangan listrik agar perubahan tegangan listrik tidak berpengaruh langsung terjadap komponen elektornik yang ada di dalam monitor.

Perhatian !! tips-tips di atas hanya dapat dilakukan pada bagian luar monitor, sedangkan bagian dalam monitor sebaiknya hanya dilakukan oleh seorang teknisi yang sudah berpengalaman karena di dalam monitor terdapat tegangan listrik yang sangat tinggi meskipun monitor sudah dalam keadaan mati, sehingga sangat membahayakan.
Monitor LCD ( Liquid Crystal Display )

Sebuah monitor LCD menggunakan teknologi sejenis kristal liquid yang dapat berpendar, bukan lagi menggunakan tabung elektron seperti yang digunakan oleh monitor jenis CRT. Teknologi yang dihasilkan berupa monitor yang dikenal dengan nama Flat Panel. Display dengan layar berbentuk pipih dan kemampuan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan dengan CRT. Karena mampunyai bentuk yang pipih, monitor jenis flat tersebut menggunakan energi yang kecil dan banyak digunakan pada komputer–komputer portable.

Kelebihan lain dari monitor LCD adalah, terdapatnya Brightness ratio yang telah menyentuh angka 350 : 1. Brighness ratio merupakan perbandingan antara tempilan yang paling gelap dengan tampilan yang paling terang. Beberapa waktu lalu, monitor berjenis LCD ini masih mempunyai masalah pada resolusi. Saat itu,monitor dengan resolusi 1024 X 768 akan terkesan agak buram jika dipekerjakan pada resolusi 640 X 420. Tetapi masalah tersebut sudah dapat di atasi dengan teknik anti aliasting.

Dengan teknologi yang disajikan, rasanya pantas juga monitor LCD untuk mematok harga yang lebih mahal di banding minitor berjenis CRT.

Spoiler for tips merawat:
Berikut tips-tips yang harus diperhatikan agar monitor lcd lebih awet dan tahan lama.

1. Gunakan proteksi layar (screen protector) yang bisa diperoleh di toko-toko komputer untuk menghindari terjadinya goresan pada permukaan monitor dan terhindar dari debu.
2. Tidak dibenarkan menutupi kisi-kisi atau lobang pembuangan udarah agar mudahnya terjadi pertukaran udara panas (dari dalam monitor) dan udara segar (dari alam) untuk menjaga temperatur yang stabil pada monitor.
3. Sebelum melakukan pembersihan pada layar monitor lcd , perhatikan semua sambungan aliran listrik diputuskan (kabel power supply dilepas dari konektornya) serta kabel data yang terhubung dari monitor ke CPU juga dilepaskan.
4. Bersihkan monitor lcd disarankan menggunakan cairan khusus pembersih lcd yang bisa diperoleh di toko-toko komputer. Selain cairan khusus lcd disarankan agar tidak digunakan karena bisa berakibat rusaknya layar lcd karena dikhawatirkan bisa diserap oleh layar lcd meskipun persentasenya kecil.
5. Pada saat membersihkan layar lcd harus menggunakan kain yang halus untuk menghindari terjadinya goresan akibat gesekan, dan proses pengelapan harus dilakukan gerakan searah.
6. Cairan pembersih lcd yang akan digunakan untuk membersihkan layar lcd tidak boleh disemprotkan langsung ke permukaan layar lcd akan tetapi disemprotkan ke kain lap yang akan digunakan untuk melap layar lcd dan lakukan lap layar lcd secara perlahan dan jangan terlalu keras ditekan.
7. Barang-barang yang memiliki magnet seperti speaker tidak boleh diletakan disisi monitor (crt maupun lcd) karena gangguan magnetik bisa merusak tampilan pada monitor.
8. Tidak meletakan monitor pada tempat yang terkena sinar matahari langsung

Monitor LED (Liquid Emitting Display)

Monitor ini adalah hasil pengembangan dari LCD. LCD dipercaya memiliki emisi buangan yang buruk yakni air raksa dari keempat tabung ketika ia dinyalahkan. LED ini menjadi inovasi terbaru yang lebih ramah lingkungan.

Monitor Plasma Gas

Monitor berjenis plasma merupakan inovasi baru dari teknologi yang digunakan oleh Monitor. Dengan menggabungkan teknologi CRT dan LCD dapat menghasilkan teknologi yang membuat layar dengan ketipisan menyerupai LCD dan sudut pandang yang dapat selebar teknologi CRT. Teknologi plasma gas juga menggunakan fosfor seperti pada teknologi CRT, tetapi layar pada plasma gas dapat berpendar tanpa adanya bantuan cahaya di belakang layar.Hal ini membuat energi yang diserap tidak sebesar monitor CRT. Kontras warna yang di hasilkan pun lebih baik dari monitor CRT. Monitor dengan teknologi Plasma Gas ini dapat kita jumpai di berbagai pertunjukan,jika kita lihat ada monitor raksasa, itulah monitor yang menggunakan teknologi plasma gas.


ada juga dari sumber lain

Macam-macam output device (alat keluaran) komputer, yaitu :
Monitor
Monitor adalah alat keluaran yang memberikan dan menampilkan informasi atau data atau instruksi yang dihasilkan atau sedang dilakukan oleh komputer.

Infocus
Infocus merupakan alat keluaran yang mempunyai fungsi sama dengan monitor. Perbedaannya, infocus membutuhkan media penerima pancaran signal-signal infocus, media penerima tersebut sebaiknya memiliki permukaan datar dan berwarna putih (terang). Contoh media yang biasa digunakan yaitu dinding putih, whiteboard, ataupun kain/layar putih yang dibentangkan.

Printer
Printer adalah alat keluaran yang dapat mencetak teks atau gambar hasil pengolahan komputer ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi.
Printer Dot-Matrix
Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Tetapi saat ini printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal ‘bandel’ (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.
InkJet Printer
Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.
Laser Printer
Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal


Plotter
Plotter merupakan alat keluaran yang mempunyai fungsi sama dengan printer. Perbedaannya adalah plotter digunakan untuk mencetak gambar yang berukuran cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.

Speaker
Speaker adalah alat keluaran yang menghasilkan output dalam bentuk suara.






Tolong dibaca nih gan !

Kamu sedang membaca artikel tentang MACAM-MACAM ALAT OUTPUT DALAM KOMPUTER dan kamu bisa menemukan artikel MACAM-MACAM ALAT OUTPUT DALAM KOMPUTER ini dengan url http://zackybee7.blogspot.com/2012/03/macam-macam-alat-output-dalam-komputer.html, kamu boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel MACAM-MACAM ALAT OUTPUT DALAM KOMPUTER ini sangat bermanfaat bagi banyak orang, namun jangan lupa untuk meletakkan link MACAM-MACAM ALAT OUTPUT DALAM KOMPUTER sebagai sumbernya.

0 comments "MACAM-MACAM ALAT OUTPUT DALAM KOMPUTER", Baca atau Masukkan Komentar

Poskan Komentar