TUGAS LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI SMKN 2 PINRANG

Ditulis oleh: -
TUGAS LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI SMKN 2 PINRANG


SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SMKN 2 PINRANG
LAPORAN

KUNJUNGAN INDUSTRI

Di
-Graha phena telkomsel(fajar tv)
    Alamat: Jl urip sumoharjo
                            -Depertemen pusat jaringan telkomsel se sulselbar
Alamat:Jl pengayoman
-Gedung miring(baruga telkomsel)
                            Alamat: Jalan Andi Pangerang Pettarani, ,
                                                   -Fajar tv(harian fajar)
    Alamat:Jl urip sumoharjo

Pada Tanggal
3 Januari 2012

LOGO SMKN 2 PINRANG



Di Susun Oleh :
Muh.Akram
KELAS : X TKJ 2
JURUSAN : TKJ


SEKOLAH NENGAH KEJURUAN (SMK)
SMKN 2 PINRANG
JALAN KESEHATAN
TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013


LEMBAR PENGESAHAN
Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas
 setelah melaksanakan kunjungan industri.

Laporan ini disahkan pada :
Hari :
Tanggal :




KETUA JURUSAN:                                                  GURU PEMBIMBING:                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           
MUHAMMAD SABIR S.KOM                               SYAMSUL BAHRI,S.IP.SE












KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala anugerah- Nya yang telah dilimpahkan kepada penyusun, sehingga penyusun mampu menyelesaikan penyusunan laporan ini dengan lancar dan baik.Makalah ini di susun dalam rangka memenuhi tugas dari guru pembimbing.
Penyusun sepenuhnya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, serta masih banyak kekeliruan dan kesalahan. Oleh karena itu dengan tulus hati serta penuh pengharapan penulis senantiasa mengharapkan saran dan kritik dari pihak manapun juga demi kesempurnaan penyusun lebih lanjut.Semoga tulisan yang sederhana yang disertai keterbatasan penulis, bermakna bagi pembaca demi tugas pelayanan terhadap sesama di dalam segala bentuk kehidupan, karena kita makhluk yang saling melengkapi dan membutuhkan.


















BAB I

PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
Kunjungan industry ini dilaksanakan untuk menambah pengetahuan dan untuk menjadi ajang pendorong motivasi bagi siswa agar lebih bisa meningkatkan prestasi belajarnya.
Kunjungan industry ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan motivasi sekaligus
pengetahuan siswa. Kegiatan seperti ini patut menjadi contoh bagi kalangan siswa dan guru-guru yang lainnya. Agar para siswanya memperoleh pengetahuan yang lebih dan mempunyai motivasi untuk belajar dan bekerja dengan semaksimal mungkin dan agar mempunyai inspirasi untuk kehidupan yang akan datang…

















BAB II
PEMBAHASAN

Laporan Kunjungan Industry Di
-Graha phena telkomsel(fajar tv)
-Depertemen pusat jaringan telkomsel se sulselbar
-Gedung miring(baruga telkomsel)
-Fajar tv
Pada tanggal 2 januari 2012, Kami Keluarga besar TKJ tahun ajaran 2012/2013 , Mengadakan Kunjungan industry di di beberapa gedung telkomsel . Kegiatan ini dilaksanakan untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Memberi MotivasiBagi Siswa yang berkualitas seutuhnya.
Kami berangkat dari sekolahan pukul 24.00 Wib (malam) dan kita sampai di gedung graham phena makassar pukul 09.00 Pagi.

Sejarah Telekomunikasi Selular yang Menyatukan Bangsa

Telkomsel didirikan pada tahun 1995 sebagai wujud semangat inovasi untuk mengembangkan telekomunikasi Indonesia yang terdepan. Untuk  mencapai visi tersebut, Telkomsel terus memacu pertumbuhan jaringan telekomunikasi di seluruh penjuru Indonesia secara pesat sekaligus memberdayakan masyarakat. Telkomsel menjadi pelopor untuk berbagai teknologi telekomunikasi selular di Indonesia, termasuk yang pertama meluncurkan layanan roaming internasional dan layanan 3G di Indonesia. Telkomsel merupakan operator yang pertama kali melakukan ujicoba teknologi jaringan pita lebar LTE. Di kawasan Asia, Telkomsel menjadi pelopor penggunaan energi terbarukan untuk menara-menara Base Transceiver Station (BTS). Keunggulan produk dan layanannya menjadikan Telkomsel sebagai pilihan utama pelanggan di seluruh Indonesia.
Memasuki era ICT (Information and Communication Technology), Telkomsel terus mengoptimalkan pengembangan layanan di Indonesia dengan memanfaatkan potensi sinergi perusahaan induk yaitu PT Telkom (65%) dan SingTel Mobile (35%).













v KANTOR GRAHA PENA(FAJAR TV)
T elkomsel
Di kantor graha  phena  memperkenalkan cara internetan,facebook,tweter,chating  dan email dengan kartu FACEBOOK
Keuntungan kartu facebook adalah
Ø  Facebook gratis selama kartu masih aktif
Ø  Setiap dua kali sms gratis 100 sms
Ø  Harga Rp.3000
Ø  Isi pulsanya 3000
Ø  Gratis 10 mb
Ø  setiap isi pulsa gratis poin
Ø  Isi Pulsa Perdana : Rp.3000 plus bonus yang lainnya.
Ø  Memang khusus dibuat untuk Facebook_
Ø  Dan beberapa fitur layanan lainnya, seperti : SMS, MMS, Dunia 3G, Roaming Internasional, Transfer Pulsa, SNC Packge, Telkomsel Poin, SMS Translator, SMS Pro, dan masih banyak lagi fitur-fitur menariknya yang tidak saya sebutkan.

Owh iya hampir lupa ada yang unik dengan Kartu Facebook Telkomsel ini, kalau biasanya nomor Telkomsel itu untuk melakukan cek pulsa biasanya kita menekan tombol *888# tapi untuk Kartu Facebook Telkomsel ini berbeda, berikut cara mengecek pulsanya 

*388#  Untuk Cek Pulsa dan Pemakaian BUlanan
*387#  Untuk mengetahui pemakaian terakhir
*389#  Untuk mengetahui sisa bonus
*808#  Untuk Mengetahui Nomor Kartu Facebook Telkomsel anda.


Sejak diluncurkan beberapa waktu lalu, kini kartu perdana Facebook Telkomsel dapat diperoleh di GraPARI dan sejumlah outlet penjualan kartu perdana terdekat yang tersebar di seluruh Indonesia. Pengisian ulang pulsa kartu Facebook juga dapat dilakukan dengan menggunakan seluruh pecahan voucher elektronik Telkomsel. Di samping itu, tersedia pula voucher fisik kartu Facebook dengan denominasi Rp 5 ribu, Rp 10 ribu, Rp 25 ribu, Rp 50 ribu, dan Rp 100 ribu.  Pengisian ulang pulsa dapat dilakukan dengan menekan *133*(kode voucher)# atau tekan 388 dari ponsel, lalu ikuti petunjuknya.

Untuk mengecek isi pulsa, pelanggan dapat mengakses *388# langsung dari ponselnya. Pelanggan juga dapat melakukan pengecekan transaksi terakhir dengan mengakses *387#. Sedangkan untuk mengetahui informasi sisa bonus yang dapat digunakan, pelanggan bisa
memperolehnya dengan menekan *389#.

·         Telkomsel Skype Go Mobile
·         Telkomsel Raih 3 Gelar The Best ICSA 2011




PRODUCT TELKOMSEL
Kartu facebook
Kartu Facebook dari Telkomsel adalah satu-satunya kartu prepaid GSM di Indonesia yang bekerja sama resmi dengan Facebook. Selain bisa Facebook-an gratis, Kartu Facebook bisa juga dipakai untuk telepon, sms dan internetan murah.
http://www.telkomsel.com/media/upload/kartu_halo.jpg
Nikmati nyamannya berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat dengan layanan pasca-bayar (post-paid) kartuHALO dari Telkomsel. Dengan dukungan jaringan terluas dan kualitas terbaik, kartuHALO adalah pilihan yang tepat untuk seluruh
simPATI InternetMania
simPATI adalah layanan pra bayar (pre-paid) dari Telkomsel untuk anda yang berjiwa modern dan dinamis. Nikmati mudahnya bicara, akses data, messaging, dan berbagai layanan terbaik lainnya hanya dari simPATI.
http://www.telkomsel.com/media/upload/kartu_as.jpg
Nikmati layanan pra bayar (pre-paid) kartu As dari Telkomsel. Dengan tarif yang kompetitif didukung oleh jaringan terluas, dapatkan berbagai kemudahan berkomunikasi dengan teman dan keluarga.
Perdana Flash
Telkomsel flash untuk berbagai layanan data dan akses internet cepat, mudah, dimana saja, dan kapan saja.
http://www.telkomsel.com/media/upload/blackberry_logo.jpg
Nikmati berbagai pilihan dan layanan untuk berbagai solusi komunikasi anda dengan BlackBerry Internet Service (BIS) dan BlackBerry Entreprise Service (BES) hanya dari Telkomsel.

v KANTOR DEPERTEMEN JARINGAN TELKOMSEL SE SULSELBAR
(PUSAT JARINGAN TELKOMSEL)
Perangkat keras jaringan telkomsel
SENTRAL TELKOMSEL
Ø  MSC    : Fungsihnya sebagai central utama dari jaringan
Ø  RF       :(Right power) untuk mengubah as ke dc
Ø  USP     : (BATREI) Untuk menyimpan arus listrik
Ø  Panel Distribution: Untuk pembatas arus
Ø  DDF: untuk menyambung listrik
Ø  Router:untuk menyimpan data
Ø  BTS :Untuk server
Ø  BSC : untuk mengatut bts
Ø  Msc: untuk mengatur panggilan

·         BRTI adalah Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia, yang merupakan badan Independen yang dibentuk dan diberi tugas oleh pemerintah atas pelaksanaan dan pengendalian Industri Telekomunikasi di Indonesia.
·         CDR (Call Data Record) adalah Perekaman Data Trafik interkoneksi yang mencatat A#, B#, tanggal, start time, durasi dan identifikasi lokasi POI
·         Common Channel Signalling Number 7 (CCS #7) adalah suatu sistem pertukaran informasi yang diperlukan bagi pembentukan, pemantauan dan pembubaran hubungan melalui jaringan (signalling) nomor 7.
·         DDF atau Digital Distribution Frame adalah perangkat yang digunakan sebagai tempat untuk menghubungkan suatu jaringan telekomunikasi dengan jaringan telekomunikasi yang lain.
·         Dimensi Interkoneksi adalah jumlah/kapasitas sirkit/kanal telekomunikasi atau junctor yang digunakan untuk penyaluran Panggilan Interkoneksi.
·         Direktur Jenderal adalah Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika
·         Fiber Optic adalah setiap bagian dari kabel serat optik yang dialiri sinyal cahaya dan digunakan satu arah transmisi.
·         Fiber Optic Core Last Mile adalah Fiber Optic yang menghubungkan dari Man Hole ke DDF yang disewakan Pemilik FPI ke Pengguna FPI.
·         File Tagihan Layanan Penyelenggara adalah Rekaman data-data panggilan yang rinci dari layanan interkoneksi yang diberikan oleh suatu Penyelengara kepada Penyelenggara lainnya.
·         Fasilitas Penting bagi Interkoneksi (FPI) adalah fasilitas penting bagi interkoneksi guna memasang, mengoperasikan dan melakukan pemeliharaan peralatan yang diperlukan untuk menyalurkan trafik interkoneksi yang dapat berupa Sarana Penunjang (“Sarpen”) dan/atau Sarana Telekomunikasi (“Sartel”) milik salah satu Pihak yang dapat digunakan oleh Pihak lainnya secara sewa sesuai dengan tarif yang disepakati oleh Para Pihak.
·         Fraud adalah tindakan ilegal oleh salah satu Pihak yang secara sengaja dilakukan dengan berbagai cara yang dapat mengakibatkan kerugian bagi Pihak lainnya.
·         Fixed Wireless Access (FWA) adalah Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi Tetap Lokal tanpa kabel dengan mobilitas terbatas.
·         Fixed Wireline (FWL) adalah Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi Lokal Tetap berbasis kabel.
·         Fint2M adalah penggilan terminasi dari penyelenggara sambungan internasional ke Telkomsel
·         F2M adalah panggilan terminasi dari penyelenggara FWL/FWA ke Telkomsel
·         Gangguan adalah setiap halangan dan/atau tidak tersedianya pelayanan (perhubungan terputus) berdasarkan Perjanjian ini yang disebabkan oleh tidak berfungsinya sarana Telekomunikasi.
·         GSM atau Global System for Mobile Communication adalah sistem telepon bergerak yang menggunakan teknik digital selular yang menggunakan pita frekuensi 900MHz dan/atau 1800MHz.


v FAJAR TV(Harian fajar)
Pada tahun 1967 Yayasan penerbit surat kabar mingguan dengan namaYayasan Penerbit Express didirikan oleh Harun Rasyid Djibe. Adapun surat izinterbitnya adalah SIT nomor 0565/Pers/SK/Dirjen-PP G/IT/1967. Beberapa tahunkemudian surat kabar mingguan ini berubah menjadi harian berdasarkan suratkeputusan Menteri Penerangan RI. Nomor 0565/Pers/SK/Dirjen-PG/SIT/1972tanggal 28 Maret 1972 dan surat izin cetak pelaksanaan khusus Panglima KomandoPemulihan Keamanan dan Ketertiban Daerah Sulselra Nomor Kep/29/Kamd/STC/1974 tanggal 30 Juli 1974.

Tahun 1981 Harian Express mengalami kesulitan dana, sehingga terbit tidak teratur. Di akhir tahun 70-an maupun 80-an Harian ini tidak terbit. Tahun 1981,Harun Rasyid Djibe memohon surat izin penerbitan kembali surat kabar Harian
Express bekerjasama dengan Muh. Alwi Hamu dan S. Sinansari Ecip.

Adapun nama yang dipakai Harian itu bukan lagi Harian Express
Nama yangdipakai adalah Harian Fajar
Mulai pada tanggal 17 Agustus 1981 Harian Fajar terbituntuk pertama kalinya secara berkenalan dan coba-coba. Baru pada tanggal 1 Oktober 1981 Harian Fajar terbit dengan resmi. Adapun tirasnya waktu itu sekitar 5000eksemplar. Pada saat ini Harian Fajar masih dibawah naungan Yayasan Express.

Nama Harian Fajar dipilih karena pada waktu itu dilakukan permohonan untuk menerbitkan kembali Harian Express dan harus dengan nama yang baru.
Dan nama “Fajar” mengandung arti filosofis. Fajar terbit dari belahan timur Indonesia,. Sehinggadari bagian wilayah timur Indonesia diharapkan Harian Fajar menjadi penerang bagialam sekitar yakni wilayah timur Indonesia khususnya.

Adapun segmen pembacanya adalah masyarakat golongan menengah ke atasdengan materi berita politik, ekonomi, olahraga, sosial dan budaya serta masalah perkotaan. Setelah empat tahun Harian Fajar berjalan, tepatnya pada tahun 1984terjadi perubahan atas undang-undang pokok Pers serta dikeluarkannya PeraturanMenteri Penerang RI Nomor: 01/Pers/Menpen/1984 tentang Surat Izin PenerbitanPers (SUIPP) sebagai pengganti Surat Izin Terbit (SIT). Mulai saat itu digunakannama PT. Media Fajar sebagai penerbit bukan lagi Yayasan Badan Penerbit Express .Hal ini disahkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Penerangan Nomor:050/SK/Menpen/SIUPP/A.7/1986 tanggal 8 Maret 1986.

Tahun 1987 Harian Fajar kembali mengalami kemunduran karena faktor  pendanaan yang tersendat-sendat. Karena itulah pada Tahun 1988 Harian Fajar  berusaha untuk bangkit kembali dan bergabung dengan perusahaan lain dalam satugrup yang lebih dikenal dengan sebutan Jawa Pos dan Tempo. Yang termasuk dalamgrup ini antara lain Suara Indonesia yang terbit di Surabaya, Harian Fajar diMakassar, Manuntung di Balikpapan.
Pada 1 Oktober 1988 Harian Fajar kembali bangkit setelah mendapatkansuntikan dana dari Jawa Pos. Jajaran Personalia mengalami perubahan, begitu pun teknologi yang digunakan semakin baik. Sebagai konsekuensi dari kerja sama denganJawa Pos maka PT. Media Fajar dibawah pengawasan Jawa Pos.

Sasaran pembaca Harian Fajar tercermin dari hasil survei, baik yang dilakukanoleh Litbang Harian Fajar sendiri maupun oleh lembaga survei independen di luar Harian Fajar. Sejumlah 74 persen masyarakat pembaca Sulsel membaca Harian Fajar. Nelson dalam surveinya menempatkan Harian Fajar di urutan 5 koran terbesar di luar Jawa dan urutan 14 koran terbesar Indonesia.

v  KANTOR BARUGA TELKOMSEL(GEDUNG MIRING)

CARA BERGABUNG DENGAN TSC(TELKOMSEL SCHOOL COMMUNITY)

Cara Bergabung TSC

Ayo buruan gabung di TSC (Telkomsel School Community) untuk bisa dapetin berbagai fasilitas fun n seru dari Telkomsel
Caranya :
Ketik : SEKOLAH<spasi>ID ,kirim SMS ke 2323 (GRATIS)



Ayo buruan gabung di TSC (Telkomsel School Community) untuk bisa dapetin berbagai fasilitas fun n seru dari Telkomsel Caranya : Ketik : SEK...
Overview Raih kesempatan emas ini! Telkomsel akan mewujudkan impianmu belajar sambil jalan-jalan ke Singapura dan Hong Kong. GRATIS! Ji...
contoh :
1) REG#FULAN#L#Keputih Surabaya- Mahasiswa ITS#fulan@yahoo.com  (isi lengkap)
2) REG#FULAN#L#Keputih Surabaya – Kerja Swasta#- (isi dengan tanda “-” jika tidak memiliki email)
kemudian kirim sms tersebut ke nomor TSC : 083  8310 44045
Jika masih bingung cara mendaftar, anda bisa mendaftar ke TSC melalui form yang sudah kami sediakan di sidebar sebelah kanan “DAFTAR ANGGOTA SMS TSC” website TSC ini.
Program dari TSC semuanya gratis, sehingga tidak perlu khawatir akan ada pengurangan/pemotongan pulsa dari kartu anda.


Ø T - CASH
T-Cash
Telkomsel Cash adalah suatu layanan yang memungkinkan pelanggan untuk menggunakan mobile phone-nya (MSISDN) melakukan transaksi seperti pembelian, pembayaran, dan lain sebagainya. Layanan baru ini dapat dinikmati melalui dua cara, yaitu secara offline atau secara online. Secara offline, pelanggan dapat menggunakan kartu yang berisi sejumlah nilai uang, yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi pada merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan Telkomsel. Secara online, layanan ini dapat dinikmati melalui USSD, SMS.
Salah satu keuntungan praktis lain dari layanan ini adalah, bahwa pelanggan tidak perlu membawa uang tunai untuk melakukan pembelian.
 Keuntungan menggunakan T-Cash:
  • Cash-in (penukaran uang tunai menjadi uang elektronik)
  • Check Balance (cek status sisa saldo)
  • Purchasing (pembelian)
  • Recharge (isi ulang pulsa kartu prabayar)Note : Nilai denominasi untuk isi ulang pulsa simPATI yang tersedia adalah Rp 20.000 dan Rp 50.000, sedangkan untuk isi ulang pulsa Kartu As, pilihan yang tersedia adalah Rp 25.000 dan Rp 50.000









Aktivasi T-Cash :

1.
 Aktivasi T-Cash dengan menghubungi *828*1# tekan call/yes
2
. Isi Saldo Uang Elektronik T-Cash di GraPARI atau merchant- 
   
 merchant yang
   
 sudah bekerjasama dengan Telkomsel
3.
 Setelah pelanggan mempunyai uang elektronik, maka pelanggan bisa
   
 melakukan transaksi
Pembelian Token PLN Prabayar
Ketik : Pay<spasi> PLNPRA<spasi> No.Meter<spasi> PIN<spasi> Nominal Token Kirim ke 2828
Contoh : PAY PLNPRA 1234567890 123456 50000
Anda akan mendapatkan nomor seri token PLN Prabayar untuk dimasukkan ke meteran
Pembayaran tagihan bulanan PLN
Ketik :  Pay<spasi>PLN<spasi>No. Pelanggan<spasi>PIN TCASH Kirim ke 2828
Contoh :  PAY PLN 1234567890 123456
























BAB III

3.1 PENUTUP 

Demikianlah laporan yang telah kami buat tentang KUNJUNGAN iNDUSTRI KE GRAHA PHENA,KANTOR PUSAT JARINGAN TELKOMSEL & BARUGA TELKOMSEL  materi yang di bahas dalam laporan ini masih sangat sedikit. Hanya sebagai dasar saja bagi para pembaca agar mengetahui sedikit tentang kunjungan industry. Diharapka para pembaca dapat memetik manfaat dari laporan ini dan dapat menjadi motivasi hidup anda semua.
Setelah membaca laporan ini semoga para pembaca mempunyai nilai lebih untuk dapat memajukan sumber daya manusia yang mendatang…
3.2 KESIMPULAN

Dari kunjungan industri ini dan laporan ini semoga kami dapat memetik pelajaran dan 
hikmah yang dapat bermanfaat bagi kita semua. Dan kelak kita dapat menerapkan apa yang dapat kita petik tadi dari laporan ini maupun dari perjalanan. Serta apa yang saya tulis ini dapat menigkatkan pengetahuan dan motivasi bagi kita semua.

3.3 KESAN DAN PESAN

Dari perjalanan dan kujungan yang kami lakukan ini kami sangat senang sekali dan sangat bahagia. Serta kami dapat memetik pelajaran yang sangat berharga bagi hari yang akan datang. Kesan yang sangat berharga bagi saya adalah kebersamaan dengan teman-teman



Tolong dibaca nih gan !

Kamu sedang membaca artikel tentang TUGAS LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI SMKN 2 PINRANG dan kamu bisa menemukan artikel TUGAS LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI SMKN 2 PINRANG ini dengan url http://zackybee7.blogspot.com/2012/03/tugas-laporan-kunjungan-industri-smkn-2.html, kamu boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel TUGAS LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI SMKN 2 PINRANG ini sangat bermanfaat bagi banyak orang, namun jangan lupa untuk meletakkan link TUGAS LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI SMKN 2 PINRANG sebagai sumbernya.

0 comments "TUGAS LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI SMKN 2 PINRANG", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar